Sabtu, 28 Februari 2015

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BRAND EQUITY


 




Merek yang prestisius adalah merek yang memiliki brand equity yang kuat sehingga memiliki daya tarik yang kuat di mata konsumen.
Bagaimana carannya membuat membuat sebuah merek memiliki brand equity yang kuat? 

            Untuk mengetahui ekuitas merek pada produk yang dimiliki setiap perusahaan, diperlukan penelitian aset – aset yang membentuk brand equity. Perusahaan dapat menyesuaikan aktivitas marketing yang dilakukan melalui merek yang di bentuk di benak konsumen untuk meningkatkan ekuitas merek perusahaan. Faktor yang mempengaruhi brand quity adalah :

1.     Elemen Merek

Elemen merek bisa meningkatkan brand awareness atau memfasilitasi informasi asosiasii merek yang kuat, disukai, dan unik. Pengunaan elemen merek haruslah dilakukan dengan tepat, sehingga memberikan dampak yang terbaik dalam pembentukan brand equity.Yang menjadi elemen merek adalah nama, logo, simbol, packaging, dan karakter merek. Ketika memilih elemen merek kita harus melihat faktor kemudahan untuk diingat, memiliki arti kompetitif, dapat dipercaya, menarik secara visual, meanungful secara verbal.

2.     Program dan aktivitas marketing

Agar merek lebih cepat dan mudah dikenali tentunya harus menerapkan aktivitas marketing yang efektif. Melalui media massa tradisional, pengalaman langsung, online, media sosial. Contoh IKEA dimana merek tersebut menawarkan nilai sebagai merek furniture Skandinavia terdepan dengan harga yang bersaing. Tapi nilai tidak selalu soal harga “ price is not always the best value because low price doesn’t always offer value” P Produk IKEA bisa di rakit di rumah sehingga menghemat biaya transportasi, penyimpanan.

3.     Asosiasi Merek(Brand Association)

Merupakan segala kesan yang muncul terkait dalam ingatan konsumen mengenai suatu merek. Asosiasi merek yang saling berhubungan akan membentuk rangkaian yang di sebut brand image. Semakin banyak asosiasi yang salong berhubungan. Senajub kuat brand image yang dimiliki brand tersebut. Memiliki brand image yang baik di mata konsumen sangatlah penting karena dapat menjadi nilai tambah dalam pengambilan keputusan pemilihan merek. Fungsi asosiasi merek dalam pembentukan ekuitas merek adalah : 
a.     Membantu proses penyusunan informasi merek yang di butuhkan saat pengambilan keputusan
b.    Memberikan landasan penting untuk membedakan merek dengan yang lain
c.     Menciptakan sikap positif terhadap merek
d.  Sebagai landasan untuk melakukan perluasan merel (brand expansion) dengan menciptakan rasa kesesuaian antara merek dan sebuah produk baru, serta memberikan alasan bagi konsumen untuk membeli produk hasil perluasan perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar