Selanjutnya, saya mau ngebahas perusahaan Xiaomi, siapa itu
xiomi? Xiaomi adalah perusahaan asal China yang bergerak di bidang elektronik
yang berfokus pada smart phone yang didirikan pada tahun 2010 oleh CEO yang
bernama Lei Jun yang berkantor pusat di Beijing, China. Ya seterusnya
kalian bisa gooling la ya. Sekarang saya mau ngebahas strategi perusahaan ini
yang berhasil melampaui penjualan smartphone LG dan Lenovo menurut
International Data Corporation (IDC) , Padahal Xiomi baru berdiri pada tahun
2010, Wow sangat hebat perusahaan ini! Umur baru sebiji jagung tapi sudah
mendunia. Mungkin kalian belum terlalu mengenal Xiomi karena masuk Indonesia
baru berumur kurang dari setahun tepatnya pada bulan 8 tanggal 27 tahun 2014
bertepatan dengan pelucuran smartphone barunya yaitu Redmi 1S.
GIMANA CARANYA PERUSAHAAN INI BISA MENYAINGI SAMSUNG?
APPLE? LG?
Berikut adalah strategi yang diterapkan oleh Xiaomi
1. 1. Viralitas
Sosial Media
Inilah kejeniusan Lin Bin, Presiden Direktur Xiaomi, LI
dalam mencari celah memasarkan produknya dengan bugdet yang rendah. Ia
menggunakan sistem viralitas di dunia maya dengan memanfaatkan sosial media.
Dengan "mengemasnya" menggunakan konten yang menarik dan berbeda,
tentu orang-orang pun akan dengan senang hati menyebarkannya di berbagai situs
jejaring sosial. Keadaan yang di dramatisir membuat publik menanti. Pada saat
inilah Lin Bin melakukan pemasarannya dengan cara posting sebuah foto produk
Xiaomi dengan embel-embel promosi. Alhasil, dalam waktu kurang dari 10 menit,
150 ribu unit Xiaomi pun ludes terjual. Posting Lin Bin bahkan telah di bagikan
oleh pengguna jejaring sosial lebih dari 2 juta kali dan mendapatkan komentar
positif yang hampir menembus 1 juta komentar.
2. Hunger Marketing
Sebuah strategi pemasaran bernama Hunger Marketing juga
menjadi salah satu faktor kesuksesan Xiaomi. Di saat produk Xiaomi mulai
dikenal dan tersebar luas sehingga menciptakan permintaan pasar yang tinggi,
justru jumlah produk Xiaomi yang dijual terbatas. Inilah "strategi
pemasaran lapar" yang menjadi bagian dari skenario pemasaran. Xiaomi pun
mendadak menjadi barang yang ekslusif, paling diincar dan menjadi topik
pembicaraan yang hangat di situs-situs yang membicarakan gadget.
3. Hanya Sebatas Online
Xiaomi tidak memiliki toko offline yang menjual produk
secara retail ke masyarakat. Semua penjualan hanya dilakukan secara online
melalui situs web resmi. Di indonesia sendiri hanya dapat dibeli online
melalui lazada.com dan 2 distributor trikomsel dan erajaya. Dengan strategi
ini, tentu semua biaya dapat ditekan hingga ke batas yang maksimal. Xiaomi
tidak perlu menganggarkan pengeluaran untuk segala jenis biaya operasional
seperti sewa toko, membayar pegawai dan lain sebagainya. Satu-satunya biaya
yang diperhitungkan hanyalah biaya pengiriman barang kepada konsumen saja.
4. Memiliki Forum Sendiri
Tak ada hal yang lebih menyenangkan bagi pengguna selain
bisa mendapatkan segala informasi yang berhubungan dengan produk Xiaomi dengan
mudah. Hal inilah yang kemudian membuat Xiaomi meluncurkan forum miliknya
sendiri yang secara rutin memberikan update terbaru perihal produk baru mereka
serta berbagai macam thread yang berhubungan dengan perangkat tersebut. Hingga
saat ini pengguna terdaftar di Xiaomi forum sudah mencapai lebih dari 28 juta
anggota. Selain menjadi forum diskusi sesama pengguna Xiaomi, forum ini juga
dapat menjadi channel pemasaran yang efektif dan jenius.
Diferensiasi dari produk produk xiaomi adalah harga yang
terjangkau dan kualitas yang memumpuni, itulah yang di tawarkan oleh Xiaomi.
Bayangkan saja harga yang murah tapi mempunyai spesifikasi yang hampir
menyaingi smartphone SAMSUNG atau APPLE? Yang harganya relatif mahal? Contoh
produk dari xiaomi adalah mi4.
Spesifikasi Xiaomi Mi4
- Sim
Card : Single Sim
- Dimensi
: 139.2×67.5×8.9mm
- Berat
: 149 gram
- Layar
: 5 inch , Full HD (1920×1080 pixels), 445 PPI Sharp / JDI OGS full
lamination display
- Memory
Internal : 16/64GB
- Ram
: 3GB LP-DDR3
- OS :
MIUI V6 based on Android 4.4
- Jaringan
: GSM, WCDMA (HSUPA, HSDPA), LTE support (internationally FDD-LTE
availability TBA)
- Konektivitas
: Bluetooth V4, NFC, Infrared
- Processor
: Qualcomm© Snapdragon™ 801 processor with 2.5GHz Quad-core CPU
- Kamera
Depan : 8 Megapixel
- Kamera
Belakang : 13-Megapixel
- Baterai : Li-po 3080 mAh
Di Banderol dengan harga $300 untuk versi 16GB dan $400
untuk versi 32GB
Kita bandingkan dengan pesaingnya berdasarkan spesifikasi
yang sama.Samsung Galaxy S5
Spesifikasi Samsung Galaxy S5 Active
- Dimensi: 145.3
x 73.4 x 8.9 mm
- Berat
: 170.1 g
- Layar
: Super AMOLED, 1080 x 1920 pixels, 5.1 inches (~432 ppi pixel
density) + Corning Gorilla Glass 3
- Memory
Internal : 16 GB
- Memory
Eksternal : microSD, up to 128 GB
- Konektivitas
: HSDPA, 42 Mbps, HSUPA, 11 Mbps; LTE, Cat4, 50 Mbps UL, 150 Mbps
DL, Wi-Fi, Bluetooth, NFC, USB OTG
- Ram
: 2 GB RAM
- OS
: Android OS, v4.4.2 (KitKat)
- CPU
: Qualcomm Snapdragon 801, Quad-core 2.5 GHz Krait 400
- GPU
: Adreno 330
- Kamera
Belakang : 16 MP, 3456 x 4608 pixels, autofocus, LED flash
- Kamera
Depan : 2 MP,1080p@30fps
- Baterai
: Li-Ion 2800 mAh battery
Kita bisa lihat perbandingan harga yang sangat jauh tetapi
dengan spesifikasi yang hampir mirip. Kita tahu bahwa smartphone menjadi gaya
hidup setiap anak muda, dan Xiaomi menurut saya memberikan solusi bagi setiap
anak muda yang mempunyai budget yang pas pasan dan berkeinginan menikmati
smartphone. Menurut gue ini sebuah revolusioner di dunia smartphone bahwa semua
kalangan bisa menikmati teknologi. Ini juga menjadi sebuah senjata / strategi
xiaomi untuk masuk dalam persaingan. Xiaomi bisa mengefesiensikan biaya
produksi tanpa harus memenggal kualitas produknya, yang kita tahu selama ini
bahwa produk china adalah murahan dan tidak berkualitas. Dan xiaomi membuktikan
bahwa produk yang ia ciptakan adalah berkualitas dengan memberikan spesifikasi
yang terbaik dan harga yang terjangkau. DAN!! Ternyata smartphone Xiaomi di
rakit di pabrik yang sama dengan APPLE yaitu FOXCONN! Tetapi entah mengapa
image apple itu sangat istimewa hehe... mungkin jika xiaomi memberikan desain
yang lebih mewah dan menciptakan brand image yang prestige, mewah . Apple
mungkin saja terlampaui oleh xiaomi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar