Minggu, 01 Februari 2015

KESUKSESAN XIAOMI

Selanjutnya, saya mau ngebahas perusahaan Xiaomi, siapa itu xiomi? Xiaomi adalah perusahaan asal China yang bergerak di bidang elektronik yang berfokus pada smart phone yang didirikan pada tahun 2010 oleh CEO yang bernama Lei Jun yang berkantor pusat di Beijing, China.  Ya seterusnya kalian bisa gooling la ya. Sekarang saya mau ngebahas strategi perusahaan ini yang berhasil melampaui penjualan smartphone LG dan Lenovo menurut International Data Corporation (IDC) , Padahal Xiomi baru berdiri pada tahun 2010, Wow sangat hebat perusahaan ini! Umur baru sebiji jagung tapi sudah mendunia. Mungkin kalian belum terlalu mengenal Xiomi karena masuk Indonesia baru berumur kurang dari setahun tepatnya pada bulan 8 tanggal 27 tahun 2014 bertepatan dengan pelucuran smartphone barunya yaitu Redmi 1S.
GIMANA CARANYA PERUSAHAAN INI BISA MENYAINGI SAMSUNG? APPLE? LG?

Berikut adalah strategi yang diterapkan oleh Xiaomi
1.      1. Viralitas Sosial Media
Inilah kejeniusan Lin Bin, Presiden Direktur Xiaomi, LI dalam mencari celah memasarkan produknya dengan bugdet yang rendah. Ia menggunakan sistem viralitas di dunia maya dengan memanfaatkan sosial media. Dengan "mengemasnya" menggunakan konten yang menarik dan berbeda, tentu orang-orang pun akan dengan senang hati menyebarkannya di berbagai situs jejaring sosial. Keadaan yang di dramatisir membuat publik menanti. Pada saat inilah Lin Bin melakukan pemasarannya dengan cara posting sebuah foto produk Xiaomi dengan embel-embel promosi. Alhasil, dalam waktu kurang dari 10 menit, 150 ribu unit Xiaomi pun ludes terjual. Posting Lin Bin bahkan telah di bagikan oleh pengguna jejaring sosial lebih dari 2 juta kali dan mendapatkan komentar positif yang hampir menembus 1 juta komentar.
 2. Hunger Marketing
Sebuah strategi pemasaran bernama Hunger Marketing juga menjadi salah satu faktor kesuksesan Xiaomi. Di saat produk Xiaomi mulai dikenal dan tersebar luas sehingga menciptakan permintaan pasar yang tinggi, justru jumlah produk Xiaomi yang dijual terbatas. Inilah "strategi pemasaran lapar" yang menjadi bagian dari skenario pemasaran. Xiaomi pun mendadak menjadi barang yang ekslusif, paling diincar dan menjadi topik pembicaraan yang hangat di situs-situs yang membicarakan gadget.
3. Hanya Sebatas Online
Xiaomi tidak memiliki toko offline yang menjual produk secara retail ke masyarakat. Semua penjualan hanya dilakukan secara online melalui situs web resmi. Di indonesia sendiri hanya dapat dibeli online melalui lazada.com dan 2 distributor trikomsel dan erajaya. Dengan strategi ini, tentu semua biaya dapat ditekan hingga ke batas yang maksimal. Xiaomi tidak perlu menganggarkan pengeluaran untuk segala jenis biaya operasional seperti sewa toko, membayar pegawai dan lain sebagainya. Satu-satunya biaya yang diperhitungkan hanyalah biaya pengiriman barang kepada konsumen saja.
4. Memiliki Forum Sendiri
Tak ada hal yang lebih menyenangkan bagi pengguna selain bisa mendapatkan segala informasi yang berhubungan dengan produk Xiaomi dengan mudah. Hal inilah yang kemudian membuat Xiaomi meluncurkan forum miliknya sendiri yang secara rutin memberikan update terbaru perihal produk baru mereka serta berbagai macam thread yang berhubungan dengan perangkat tersebut. Hingga saat ini pengguna terdaftar di Xiaomi forum sudah mencapai lebih dari 28 juta anggota. Selain menjadi forum diskusi sesama pengguna Xiaomi, forum ini juga dapat menjadi channel pemasaran yang efektif dan jenius.
Diferensiasi dari produk produk xiaomi adalah harga yang terjangkau dan kualitas yang memumpuni, itulah yang di tawarkan oleh Xiaomi. Bayangkan saja harga yang murah tapi mempunyai spesifikasi yang hampir menyaingi smartphone SAMSUNG atau APPLE? Yang harganya relatif mahal? Contoh produk dari xiaomi adalah mi4.

Spesifikasi Xiaomi Mi4
  • Sim Card : Single Sim
  • Dimensi : 139.2×67.5×8.9mm
  • Berat : 149 gram
  • Layar : 5 inch , Full HD (1920×1080 pixels), 445 PPI Sharp / JDI OGS full lamination display
  • Memory Internal : 16/64GB
  • Ram : 3GB LP-DDR3
  • OS : MIUI V6 based on Android 4.4
  • Jaringan : GSM, WCDMA (HSUPA, HSDPA), LTE support (internationally FDD-LTE availability TBA)
  • Konektivitas : Bluetooth V4, NFC, Infrared
  • Processor : Qualcomm© Snapdragon™ 801 processor with 2.5GHz Quad-core CPU
  • Kamera Depan : 8 Megapixel
  • Kamera Belakang : 13-Megapixel
  • Baterai : Li-po 3080 mAh
Sumber : http://hariangadget.com/harga-xiaomi-mi4/
Di Banderol dengan harga $300 untuk versi 16GB dan $400 untuk versi 32GB

Kita bandingkan dengan pesaingnya berdasarkan spesifikasi yang sama.Samsung Galaxy S5
Spesifikasi Samsung Galaxy S5 Active
  • Dimensi: 145.3 x 73.4 x 8.9 mm
  • Berat : 170.1 g
  • Layar : Super AMOLED, 1080 x 1920 pixels, 5.1 inches (~432 ppi pixel density) + Corning Gorilla Glass 3
  • Memory Internal : 16 GB
  • Memory Eksternal : microSD, up to 128 GB
  • Konektivitas : HSDPA, 42 Mbps, HSUPA, 11 Mbps; LTE, Cat4, 50 Mbps UL, 150 Mbps DL, Wi-Fi, Bluetooth, NFC, USB OTG
  • Ram : 2 GB RAM
  • OS : Android OS, v4.4.2 (KitKat)
  • CPU : Qualcomm Snapdragon 801, Quad-core 2.5 GHz Krait 400
  • GPU : Adreno 330
  • Kamera Belakang : 16 MP, 3456 x 4608 pixels, autofocus, LED flash
  • Kamera Depan : 2 MP,1080p@30fps
  • Baterai : Li-Ion 2800 mAh battery
 Di banderol dengan harga $714

Kita bisa lihat perbandingan harga yang sangat jauh tetapi dengan spesifikasi yang hampir mirip. Kita tahu bahwa smartphone menjadi gaya hidup setiap anak muda, dan Xiaomi menurut saya memberikan solusi bagi setiap anak muda yang mempunyai budget yang pas pasan dan berkeinginan menikmati smartphone. Menurut gue ini sebuah revolusioner di dunia smartphone bahwa semua kalangan bisa menikmati teknologi. Ini juga menjadi sebuah senjata / strategi xiaomi untuk masuk dalam persaingan. Xiaomi bisa mengefesiensikan biaya produksi tanpa harus memenggal kualitas produknya, yang kita tahu selama ini bahwa produk china adalah murahan dan tidak berkualitas. Dan xiaomi membuktikan bahwa produk yang ia ciptakan adalah berkualitas dengan memberikan spesifikasi yang terbaik dan harga yang terjangkau. DAN!! Ternyata smartphone Xiaomi di rakit di pabrik yang sama dengan APPLE yaitu FOXCONN! Tetapi entah mengapa image apple itu sangat istimewa hehe... mungkin jika xiaomi memberikan desain yang lebih mewah dan menciptakan brand image yang prestige, mewah . Apple mungkin saja terlampaui oleh xiaomi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar