Minggu, 01 Februari 2015

LIFESTYLE YANG DITAWARKAN OLEH APPLE

Sebelum memulai blog saya, saya akan perkenalkan diri saya terlebih dahulu. Nama saya Kresentia Amelia, saat ini saya merupakan mahasiswi di suatu perguruan tinggi swasta di Bandung. Menamai blog saya dengan nama capediemaja memiliki makna tesendiri untuk saya, sebuah kata yang memotivasi kalo saya harus selalu bergerak maju, tidak boleh diem ditempat. Saya juga bukan tipe orang yang suka diem nyantai di rumah, jika diem doang saya ngerasa capee. hahaha. Saya juga sedang menjalankan sebuah bisnis yaitu membuat tshirt, polo shirt, kemeja dll. untuk event-event, misalnya kaya acara kampus, maupun untuk perusahaan-perusahaan. Banyak orang yang memesan kaos ke saya  (kebanyakan anak ITB dan UNPAR) karena omongan dari mulut ke mulut, dan tiba-tiba mereka menghubungi saya lewat line, sms, atau bbm, soo menurut saya handphone atau gadget yang saya miliki bener bener penting! Kalau ga ada, waah bisa ilang orderan saya.
Bentuk-Toilet-Unik-Menyerupai-Logo-Perusahaan-Apple-Apple-logo.jpg (224×224)Ngomongin tentang gadget, gw sempet berganti ganti menggunakan merk gadget, dimulai dari zaman dahulu kala siemens, nokia, sonny erricson, sampe merk gadget yang besar saat ini Apple dan Samsung. Dan saat ini saya menjatuhkan hati pada samsung sebagai gadget pilihan saya dari sebelumnya saya menggunakan produk apple, apa yang membuat saya lebih memilih samsung ? I will tell you why . Siapa sih yang tidak tahu produk Apple ? Brand yang diluncurkan oleh Steve Jobs ini menjadi brand kelas dunia yang selalu dinantikan oleh masyarakat ketika mengeluarkan produk barunya. Seperti baru baru ini apple baru mengeluarkan iphone 6 dan iphone 6+,sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara iphone 4s, iphone 5 dan 5s, dan iphone 6 dan 6+ selain dari ukuran layar yang semakin besar dan beberapa fitur tambahan seperti finger print yang sebenarnya tidak terlalu penting. Namun, mengapa produk keluaran apple ini selalu laris di pasar walaupun di bandrol dengan harga yang tinggi (hampir seharga 1 motor)? Jika dibandingkan dengan pesaingnya seperti samsung, sony,dll, produk Apple ini sebenernya tidak memiliki keunggulan apapun. Seperti yang saya alami ketika saya memakai iphone, menurut saya kurang berguna, apa apa musti bayar, untuk membuka file dalam bentuk microsoft (word,excel) harus menggunakan aplikasi berbayar dan itulah alasan saya mengapa berganti ke samsung, karena maklum kan masi mahasiswi banyak butuh buka file, kalo di hp kan bisa lebih praktis. Tapi kenapa sih apple berhasil untuk bertahan dengan pangsa pasar yang besar dan banyak banget orang yang loyal sama produk apple?

 Menurut saya, apple berhasil membangun kekuatan brandnya dengan menjadikan brand tersebut sebuah lifesyle. Apple, di semua lini produk mereka saat ini di pasar, suka atau tidak, telah melekat pada kehidupan hampir semua orang di kota-kota besar. Di seluruh kota banyak kita bertemu orang yang menggunakan Iphone, laptop mac, I-pod, dan ipad. Dari buku yang saya baca dikatakan bahwa Apple tidak lagi menawarkan fitur fungsional, tetapi aspek emosional dari merek; status, merupakan cerminan dari citra diri dan alat untuk bersosialisasi, menaikkan prestige dan  tak jarang menganggap merek menjadi seperti "agama".  Bahkan beberapa orang yang saya kenal, mengklaim bahwa mereka tidak bisa hidup tanpa iphone atau produk apple lainnya. Kesuksesan dari apple dalam mambangun brandnya membuat apple tidak perlu mengeluarkan budget besar dalam advertising atau marketing, coba saja kita perhatikan jarang sekali kita melihat iklan produk apple baik di televisi, billboard dan sarana advertising lainnya. Tanpa pemasaran yang besar besaran saja apple sudah laris di pasaran, setiap mengeluarkan produk baru selalu dinanti oleh masyarakat pencintanya yang rela antri panjang di store-store apple. Kesuksesan Apple dalam membangun brandnya ini patut diacungi jempol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar