Minggu, 01 Februari 2015

AQUA menjadi market leader

Berbicara soal minuman kemasan, pasti yang terpikir pertama di benak anda adalah AQUA. Brand asli Indonesia yang sudah mendunia ini didirikan pada tahun 1973 atas gagasan dari Tirto Utomo, dengan nama PT. Aqua Golden Mississipi. Produk air mineral yang sangat mendominasi di Indonesia mengapa gw bilang gitu? Karena mau orang kota atau desa kalau mau beli air meneral kemasan pasti bilangnya “mas, mau aqua 1”, meskipun dikasihnya amidis atau ron88, orang ga akan komplain. Kenapa ya bisa gitu? Kenapa orang orang menyebut air kemasan itu aqua?


Karena Aqua sekarang  merupakan market leader dalam industri air mineral di Indonesia. Posisinya yang kuat ini dikarenakan Aqua merupakan pioneer dalam produk air mineral serta Aqua memiliki strategi promosi dan pemasaran yang gencar. Metode promosi yang digunakan melalui iklan promosi di media elektronik dan cetak, mensponsori berbagai acara serta memasang iklan-iklan di billboard. Hal ini yang menyebabkan nama aqua sangat melekat pada masyarakat atau juga di sebut brand awarness. Aqua menempatkan posisinya di puncak pikiran atau top of mind, top of mind maksudnya adalah sebuah brand/merek yang akan langsung teringat dibenak kita ketika dikaitkan dengan produk tertentu.

Brand association, apa itu brand association?  Segala kesan yang muncul dan terkait dengan ingatan konsumen mengenai merek atau citra merek tersebut. Nah aqua miliki brand association yang didukung oleh iklan iklan yang ia buat, di tv atau dimana mana. Yang iklan tersebut memberitahukan bahwa aqua adalah produk kemasan air mineral yang diambil dari air mata pegunungan yang tidak tercemar oleh limbah limbah.
Loyalitas merek, Aqua memiliki konsumen yang loyal dan setia akan produk aqua, dikarenakan image yang di bangun oleh aqua sangat baik dan melekat di konsumen. Membuat produk aqua di sukai oleh konsumen. Konsumen merasakan aman ketika mengkonsumsi aqua Itulah mengapa produk aqua sangat di ingat oleh masyarakat.

Jadi hari ini kita belajar, untuk membuat brand kita mudah diingat dan melekat pada masyarakat salah satunya adalah dengan cara menjadi pioneer atau pelopor dalam industri tersebut. Namun, apabila kita bukan pioneer, apakah masi ada kemungkinan untuk brand kita melekat dan mudah diingat oleh masyarakat? Tentu saja bisa! Dengan membuat diferensiasi yang bisa menjangkau ceruk pasar yang baru.  Seperti  minyak cap lang dan minyak cap kampak merupakan market leader dalam produk minyak angin, namun banyak sekali konsumen yang mengeluhkan baunya yang kurang enak, melihat kesempatan ini munculah Freshcare, produk minyak angin ini mempunyai bau yang enak (bau aromatherapy). Freshcare berhasil memenangkan ceruk pasar dan menjadi yang pertama memunculkan minyak angin yang harum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar