Minggu, 08 Februari 2015

PROMOSI AIRASIA



Berlibur dengan menggunakan pesawat? Siapa taku.  Buat sebagian orang, mungkin berlibur dengan menggunakan pesawat diidentikan liburan yang ber budget mahal. Oleh karena itu, dulu penerbangan tidak terlalu populer di Indonesia. Tapi sekarang pemikiran itu sudah sedikit hilang semenjak low carries merambah Indonesia yaitu Air Asia. Siapa yang tidak kenal Air asia? Dengan sloganya “Now everyone can fly”  yang menawarkan tiket dengan harga yang murah. Dengan Rp.100.000 anda bisa menikmati fasilitas pesawat terbang. Sekarang menggunakan pesawat tidak digunakan oleh orang berduit saja, namun bisa dirasakan oleh orang yang berbudget minim atau pas-pasan dalam berlibur.  Air Asia menjadi price leader yang selalu bisa memberikan harga di bawah harga pasar, sehingga saat ini Air Asia belum mempunyai pesaing yang banyak.

Dilihat dari segi harga memang maskapai penerbangan Air Asia sampai saat ini belum memiliki pesaing dalam hal penawaran harga tiket yang murah. Sebelum membahas lebih lanjut, perlu kita mengetahui apa yang disebut harga atau price, harga adalah sejumlah uang yang dibayar konsumen untuk mendapatkan produk atau mengganti hak milik produk. Harga merupakan sejumlah uang yang dibebankan untuk sebuah produk atau jasa.  Air Asia, jika dilihat dari segi strategi penentuan harganya sebagai produk baru, Air Asia telah melakukan penetration price yang cukup baik dan menarik perhatian dimana strategi harga penetrasi menentukan harga awal yang rendah serendah-rendahnya atau murah dengan tujuan untuk penetrasi pasar dengan cepat dan juga membangun loyalitas merek dari pada konsumen. Dilihat dari segi strategi penentuan harga yang mempengaruhi psikologis konsumen, Air Asia telah melakukan leader pricing dimana strategi harga yang ditetapkan lebih rendah daripada harga pasar/harga normal untuk meningkatkan omset penjualan/pembeli. Selain itu untuk menjaga konsumennya Air Asia juga menerapkan strategi harga diskon pada penjualannya yaitu dengan memberikan potongan harga dari harga yang sudah ditetapkan demi meningkatkan penjualan suatu produk barang atau jasa. Diskon dapat diberikan pada umum dalam bentuk diskon kuantitas, diskon pembayaran tunai / cash, trade discount.
Dalam proses transaksi pembelian tiket, Air Asia menggunakan jaringan online/ website. Untuk memudahkan para konsumen yang hendak membeli tiket, dan promosi Air Asia untuk harga yang murah dengan destinasi tertentu dengan promosi online. Air Asia menentukan harga murah untuk merebut pangsa pasar. Dengan harga murah akan memicu peningkatan permintaan sehingga meningkatkan juga loyalitas konsumen terhadap produk yang ia jual.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar