Berlibur
dengan menggunakan pesawat? Siapa taku.
Buat sebagian orang, mungkin berlibur dengan menggunakan pesawat
diidentikan liburan yang ber budget mahal. Oleh karena itu, dulu penerbangan
tidak terlalu populer di Indonesia. Tapi sekarang pemikiran itu sudah sedikit hilang
semenjak low carries merambah Indonesia yaitu Air Asia. Siapa yang tidak kenal
Air asia? Dengan sloganya “Now everyone can fly” yang menawarkan tiket dengan harga yang murah.
Dengan Rp.100.000 anda bisa menikmati fasilitas pesawat terbang. Sekarang
menggunakan pesawat tidak digunakan oleh orang berduit saja, namun bisa
dirasakan oleh orang yang berbudget minim atau pas-pasan dalam berlibur. Air Asia menjadi price leader yang selalu
bisa memberikan harga di bawah harga pasar, sehingga saat ini Air Asia belum
mempunyai pesaing yang banyak.
Dilihat dari
segi harga memang maskapai penerbangan Air Asia sampai saat ini belum memiliki
pesaing dalam hal penawaran harga tiket yang murah. Sebelum membahas lebih
lanjut, perlu kita mengetahui apa yang disebut harga atau price, harga adalah
sejumlah uang yang dibayar konsumen untuk mendapatkan produk atau mengganti hak
milik produk. Harga merupakan sejumlah uang yang dibebankan untuk sebuah produk
atau jasa. Air Asia, jika dilihat dari
segi strategi penentuan harganya sebagai produk baru, Air Asia telah melakukan
penetration price yang cukup baik dan menarik perhatian dimana strategi harga
penetrasi menentukan harga awal yang rendah serendah-rendahnya atau murah
dengan tujuan untuk penetrasi pasar dengan cepat dan juga membangun loyalitas
merek dari pada konsumen. Dilihat dari segi strategi penentuan harga yang
mempengaruhi psikologis konsumen, Air Asia telah melakukan leader pricing
dimana strategi harga yang ditetapkan lebih rendah daripada harga pasar/harga
normal untuk meningkatkan omset penjualan/pembeli. Selain itu untuk menjaga
konsumennya Air Asia juga menerapkan strategi harga diskon pada penjualannya
yaitu dengan memberikan potongan harga dari harga yang sudah ditetapkan demi
meningkatkan penjualan suatu produk barang atau jasa. Diskon dapat diberikan
pada umum dalam bentuk diskon kuantitas, diskon pembayaran tunai / cash, trade
discount.
Dalam proses
transaksi pembelian tiket, Air Asia menggunakan jaringan online/ website. Untuk
memudahkan para konsumen yang hendak membeli tiket, dan promosi Air Asia untuk
harga yang murah dengan destinasi tertentu dengan promosi online. Air Asia
menentukan harga murah untuk merebut pangsa pasar. Dengan harga murah akan
memicu peningkatan permintaan sehingga meningkatkan juga loyalitas konsumen
terhadap produk yang ia jual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar