Branding adalah salah satu aspek yang paling penting dari
setiap bisnis, besar atau kecil, ritel atau B2B. Sebuah strategi merek yang
efektif memberikan keunggulan besar di pasar yang semakin kompetitif. Tapi apa
tepatnya "merek" itu? Bagaimana hal itu mempengaruhi bisnis kecil ?
Sederhananya, merek Anda adalah janji Anda kepada pelanggan.
Ia memberitahu mereka apa yang bisa mereka harapkan dari produk dan jasa Anda,
dan membedakan penawaran Anda dari pesaing Anda. Merek Anda berasal dari siapa
Anda, yang Anda inginkan dan siapa orang-orang melihat Anda untuk menjadi.
Strategi
Merek & Equity
Strategi merek Anda adalah bagaimana, apa, di mana, kapan dan
kepada siapa anda berencana untuk berkomunikasi dan memberikan pesan-pesan
merek. Di mana beriklan merupakan bagian dari strategi merek Anda. Saluran
distribusi juga merupakan bagian dari
strategi merek . Dan apa yang Anda komunikasikan secara visual dan verbal
merupakan bagian dari strategi merek Anda, juga.
Konsisten, branding strategis mengarah ke ekuitas merek yang
kuat, yang berarti nilai tambah dibawa ke produk atau jasa perusahaan Anda yang
memungkinkan untuk biaya lebih untuk merek Anda dari apa yang identik, perintah
produk bermerek. Contoh paling jelas dari hal ini adalah Coke vs soda generik.
Karena Coca-Cola telah membangun ekuitas merek yang kuat, dapat biaya lebih
untuk produk - dan pelanggan akan membayar harga yang lebih tinggi.
Nilai tambah intrinsik untuk ekuitas merek sering datang
dalam bentuk persepsi kualitas atau ikatan emosional. Misalnya, Nike
menghubungkan produk dengan atlet bintang, berharap pelanggan akan mentransfer
ikatan emosional mereka dari atlet untuk produk. Untuk Nike, bukan hanya fitur
sepatu yang menjual sepatu.
Mendefinisikan
Merek Anda
Mendefinisikan merek Anda adalah seperti sebuah perjalanan
bisnis penemuan diri. Ini bisa sulit, memakan waktu dan tidak nyaman. Hal ini
membutuhkan, setidaknya, bahwa Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah
ini:
Apa misi perusahaan Anda?
Apa manfaat dan fitur dari produk atau jasa Anda?
Siapa pelanggan Anda dan prospek yang sudah dipiktkan perusahaan
Anda?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar