Kamis, 14 Mei 2015

BAGAIMANA MEMIKAT PELANGGAN (2)

Yang kedua dari STAR adalah "Tambahan Kejutan Bagi Pelanggan". Kejutan bagi pelanggan bisa berupa berbagai macam, mulai dari pelayanan ekstra, pemberian gift kepada pelanggan, dll. Berikut ada sebuah kisah mengenai tambahan kejutan bagi pelanggan. 

Tunjukan Komitmen Ekstra
Berikut kisah nyata yang bisa menginspirasi kita

            Jim adalah seorang sales person di Canon. Canon punya linu Business Solution yang menjual berbagai peralatan kantor.
           Salah satu klien Jim adalah sebuah perusahaan desain. Produk yang meraka beli adalah sebuah mesin fotokopi khusus yang harganya mahal. Mesin ini menjadi salah satu alat produksi utama di perusahaan meraka. Penyelesaian proyej dari klien sangat tergantung pada mesin itu.
            Nah, masalah muncil saat mesin fotokopi ini rusak. Teknisi dari Canon sudah berusaha untuk memperbaikinya dengan melakukan kunjungan kesana. Namun masalah belum juga terselesaikan hingga berbulan – bulan.  Hal ini menyebabkan produktivitas klien menurun.
            Carol, manajer dari sebuah perusahaan tersebut, merasa kecewa. Akibat rusaknya mesin tersebut, beberapa klien terancam kabur ke kompetitor. Kekecewaanya tersebut disampaikan kepada Jim yang dulu menjual produk tersebut kepadanya.
            Jim langsung meminta maaf. Tidak hanya itu, dia juga mengambil tanggung jawab penuh klienya tersebut. Jim berjanji akan memberikan jawaban atas masalah Carol pada hari itu juga. Jim tidak main – main dengan janjinya.
            Khusus di hari itu, Jim mengosongkan jadwalnya. Ditemuinya beberapa orang di kantor Canon pusat untuk menemukan solusi atas permasalahan klienya. Dalam beberapa jam, dia sudammengirimkan action plan untuk mengatasi masalah yang dihadapi perusahaan Carol.
            Beberapa waktu kemudian, 3 teknisi Canon yang tergolong paling top datang menemui Carol. Mereka sengaja datang awal dengan menaiki penerbangan pertama. Jim langsung menjemput mereka di bandara danmengantarnya ke tempat Carol.
            Tiga teknisi andal tadi bekerja hingga larut malam dab, Jim menemani mereka dari awal hingga akhir. Mesikipun tak memberikan bantuan teknis, dukungan moral yang diberikanya sangat dihargai oleh rekan satu timnya. Jim pun tak segan lari ke supermarket untuk membelikan makanan bagi 3 rekan teknisi tersebut.
            Saat Carol sampai di kantor pada jam 8 pagi di hari berikutnya, para teknisi tersebut baru saja menyelesaikan pekerjaan mereka. Carol merasa takjub. Dan, saat Jim menjelaskan bahwa problemnya sudah benar benar terselesaikan, Carol merasa sangat senang. Dia mungkin tidak mengira Jim akan secepat itu menyelesaikan masalahnya.
            Bagaimana kelanjutan cerita ini?
Di tahun – tahun berikutnya, Carol menjadi klien setia Canon. Tidak hanya itu, Jim juga berhasil mendapatkan klien – klien baru atas rekomendasi dari Carol.

“Jika kita habis – habisan membela pelanggan kita, mereka pun habis – habisan membela kita”

BERSAMBUNG YA BROOOO SISSSS!!!!!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar