Dalam beberapa blog ke depan, gw bakal ngebahas tentang bagaimana kita bisa memikat pelanggan yang akan berdampak juga pada brand dan penjualan perusahaan.. Dalam salah satu buku yang gw baca, gw mendapatkan sebuah rumus untuk memikat pelanggan yaituuuu STAR.
satukan kata dengan perbuatan
Tambahkan kejutan bagi pelanggan
Ajari pelanggan untuk tumbuh.
Rawat pertemanan untuk jualan
Berikut gw bakal bahas satu per satu mengenai STAR
1. Satukan kata dengan perbuatan
JUJUR ITU MAHAL, BOHONG ITU LEBIH
MAHAL
(Cerita ini dikisahkan oleh Zig
Ziglar)
Zigkar suatu saat ingin membeli sofa
dari kulit untuk kantor barunya. Untuk itu, dia pergi ke sebuah toko furnitur
dengan koleksi cukup banyak. Begitu dia sampai, seorang salesperson dengan
ramah mendekatinya. Lalu mengantarkan Ziglar ke bagian toko yang khusus menjual
berbagai sofa.
Saat Ziglar melihat sebuah sofa
kulit yang disukainya, hal pertama yang ia tanyakan adalah harganya. Jawavab
sang salesperson cukup mengagetkan karena harganya jauh lebih murah dari yang
Ziglar kira. Hanya setengah perkiraanya.
Saat Ziglar menyatakan kekagetanya tersebut,
salesperson langsung menambahkan bahwa ini memang benar – benar harga
fantastis.”Karena itulah kami bisa menjual banyak sofa jenis ini”
Ziglar pun mencoba untuk duduk dan
merebahkan diri di sofa tersebut. Rasanya benar nyaman. Dia lalu berdiri dan
mengelilingi sofa tersebut.
Akhirnua ,
bulat keputusan Ziglar untuk membeli sofa tersebut.
Lalu Ziglar mengelilingi toko
tersebut untuk mencari sebuah meja, dalam perjalananya Ziglar melihat sebuah
sofa yang benar – benar mirip dengan sofa yang ia akan beli. Sekilas dia merasa
yang ini sedikit lebih bagus dari sofa sebelumnya. Maka dia pun menanyakan
harganya kepada salesperson. Dan mengejutkan harganya hampir dua kali lebih
mahal dari sofa yang pertama. Saat dia tanyakan alasanya, salesperson menjelaskan
bahwa sofa yang ini seluruhnya dari kulit.Lho?
“Mengapa
kamu tidak mengatakan dari awal kalau sofa pertama dati tidak seluruhnya dari
kulit asli?” tanya Ziglar
“Saya memang
sudah berniat untuk mengatakanya, Cuma belum sempat saja. Lagi pula, saya pasti
akan menjelaskanya sebelum anda pergi dari toko ini. Saya bukan tipe orang yang
suka menipu pelanggan kok.
Bahm menurut
anda, kira – kira Ziglar membeli sofa di toko tersebut atau pergi tanpa membawa
apa – apa?
Jika Anda memilih jawaban yang
kedua, Anda benar seratus persen! Tak hanya itu, Ziglar tak pernah lagi
menginjakan kaki di toko itu untuk seterusnya.
Apa
pelajaran dari kisah diatas? Kejujuran itu mahal harganya. Salesperson yang
jujur akan mendapatkan dua jempol dari konsumen. Namun ternyata kebohongan
lebih mahal lagi harganya, Sekali konsumen merasa dibohongi, seterusnya mungkin
mereka tak akan lagi percaya.
“Sekalinya kita ketahuan berbohong,
selamanya kita
Akan dianggap sebagai pembohong,
Bahkan sekalipun kita selalu
mengatakan
Hal yang benar di sepanjang sisa
hidup kita”
Joe Girard
“The
most importan persuasion tool
You have in your entire
arsenal
Is integrity”
Zig Ziglar
Penasaran untuk lanjutan STAR, yuk lihat blog selanjutnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar