Kamis, 14 Mei 2015

BAGAIMANA MEMIKAT PELANGGAN


Dalam beberapa blog ke depan, gw bakal ngebahas tentang bagaimana kita bisa memikat pelanggan yang akan berdampak juga pada brand dan penjualan perusahaan.. Dalam salah satu buku yang gw baca, gw mendapatkan sebuah rumus untuk memikat pelanggan yaituuuu STAR.
satukan kata dengan perbuatan
Tambahkan kejutan bagi pelanggan
Ajari pelanggan untuk tumbuh.
Rawat pertemanan untuk jualan

Berikut gw bakal bahas satu per satu mengenai STAR 

1.  Satukan kata dengan perbuatan
JUJUR ITU MAHAL, BOHONG ITU LEBIH MAHAL
(Cerita ini dikisahkan oleh Zig Ziglar)
            Zigkar suatu saat ingin membeli sofa dari kulit untuk kantor barunya. Untuk itu, dia pergi ke sebuah toko furnitur dengan koleksi cukup banyak. Begitu dia sampai, seorang salesperson dengan ramah mendekatinya. Lalu mengantarkan Ziglar ke bagian toko yang khusus menjual berbagai sofa.
            Saat Ziglar melihat sebuah sofa kulit yang disukainya, hal pertama yang ia tanyakan adalah harganya. Jawavab sang salesperson cukup mengagetkan karena harganya jauh lebih murah dari yang Ziglar kira. Hanya setengah perkiraanya.
            Saat Ziglar menyatakan kekagetanya tersebut, salesperson langsung menambahkan bahwa ini memang benar – benar harga fantastis.”Karena itulah kami bisa menjual banyak sofa jenis ini”
            Ziglar pun mencoba untuk duduk dan merebahkan diri di sofa tersebut. Rasanya benar nyaman. Dia lalu berdiri dan mengelilingi sofa tersebut.
Akhirnua , bulat keputusan Ziglar untuk membeli sofa tersebut.
            Lalu Ziglar mengelilingi toko tersebut untuk mencari sebuah meja, dalam perjalananya Ziglar melihat sebuah sofa yang benar – benar mirip dengan sofa yang ia akan beli. Sekilas dia merasa yang ini sedikit lebih bagus dari sofa sebelumnya. Maka dia pun menanyakan harganya kepada salesperson. Dan mengejutkan harganya hampir dua kali lebih mahal dari sofa yang pertama. Saat dia tanyakan alasanya, salesperson menjelaskan bahwa sofa yang ini seluruhnya dari kulit.Lho?
            “Mengapa kamu tidak mengatakan dari awal kalau sofa pertama dati tidak seluruhnya dari kulit asli?” tanya Ziglar
“Saya memang sudah berniat untuk mengatakanya, Cuma belum sempat saja. Lagi pula, saya pasti akan menjelaskanya sebelum anda pergi dari toko ini. Saya bukan tipe orang yang suka menipu pelanggan kok.

Bahm menurut anda, kira – kira Ziglar membeli sofa di toko tersebut atau pergi tanpa membawa apa – apa?
            Jika Anda memilih jawaban yang kedua, Anda benar seratus persen! Tak hanya itu, Ziglar tak pernah lagi menginjakan kaki di toko itu untuk seterusnya.
Apa pelajaran dari kisah diatas? Kejujuran itu mahal harganya. Salesperson yang jujur akan mendapatkan dua jempol dari konsumen. Namun ternyata kebohongan lebih mahal lagi harganya, Sekali konsumen merasa dibohongi, seterusnya mungkin mereka tak akan lagi percaya.

“Sekalinya kita ketahuan berbohong, selamanya kita
Akan dianggap sebagai pembohong,
Bahkan sekalipun kita selalu mengatakan
Hal yang benar di sepanjang sisa hidup kita”
Joe Girard

The most importan persuasion tool
You have in your entire arsenal
Is integrity”
Zig Ziglar


Penasaran untuk lanjutan STAR, yuk lihat blog selanjutnya!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar