Jumat, 06 Maret 2015

BRAND ESSENCE DAN BRAND POSITIONING



Di blog sebelumnya sudah pernah disinggung mengenai brand positioning, nah kali ini saya akan membahas apa yang dimaksud dengan brand essence dan apa berbedaan antara brand essence dan brand posiitioning.
Apa itu brand essence ? Brand essence adalah sebuah kalimat yang mengkomunikasikan sifat dasar dari nama dagang / merek dengan satu atau lebih produk yang dibuat oleh perusahaan yang sama.  Brand essence mengkomunikasikan manfaat unik yang disediakan oleh produk sebuah merek.
Apa sih perbedaan antara brand positioning dengan brand essece ?
Brand positioning memuat alasan mengapa konsumen mau membeli produk  (melihat dari sisi kosumen), siapa target pasar yang mau disasar, hal apa yang menjadi pembeda dengan produk lainnya dalam katagori yang sama, alasan konsumen yakin bahwa produk kita adalah yang diinginkannya.  Sedangkan brand essence merupakan soul of brand  (melihat dari sisi emosional brand), memuat nilai-nilai yang ingin disampaikan oleh sebuah brand dengan tujuan untuk memperkuat positioning yang dibangun.
Beberapa contoh brand yang memiliki brand positioning dan brand essence
      1. Kijang, mobil keluaran Toyota ini selalu jadi mobil yang paling digemari oleh keluarga yang mempunyai jumlah anggota keluarga yang banyak. Ketika kita menyebutkan Kijang, pasti yang pertama kali terpikir oleh kita adalah mobil keluarga. Kijang memang mempositioningkan dirinya sebagai mobil keluarga, terbukti dengan kapasitas mobil yang mampu memuat 8-9 orang, bensin yang irit. Brand essence yang dimiliki Kijang adalah kebersamaan, Kijang ingin menanamkan nilai kebersamaan dalam brandnya, dimana kerika menggunakan mobil kijang yang bisa muat orang banyak jadi bisa meningkatkan kebersamaan keluarga.
      2. Air asia, budget air ini menjadi pilihan utama bagi masyarakat golongan menengah ke bawah ketika ingin berpergian menggunakan pesawat. Brand positioning  AirAsia adalah sebagai  low-cost carrier, dimana AirAsia menawarkan tiket pesawat dengan harga yang murah dan sering melakukan promo-promo harga. Sedangkan brand essence yang ditanamkan oleh AirAsia adalah simplicity, dimana konsumen airasia tidak ribet dalam pemesanan tiket , proses check-in, dll.
      3. Nike, brand peralatan olahraga ini mempositioningkan dirinya sebagai brand olahraga yang dipakai oleh para juara, terlihat dengan Nike selalu mensponsori atlet-atlet yang terkenal, seperti Christiano Ronaldo, Rorry MclLRoy. Brand essence Nike adalah performance.
      4. Starbucks, kedai kopi ini memilik brand positioning premium product in the coffee industry. Brand essence starbucks adalah rewarding everyday moment.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar