Di blog sebelumnya sudah pernah disinggung mengenai brand
positioning, nah kali ini saya akan membahas apa yang dimaksud dengan brand
essence dan apa berbedaan antara brand essence dan brand posiitioning.
Apa itu brand essence ? Brand essence adalah sebuah
kalimat yang mengkomunikasikan sifat dasar dari nama
dagang / merek dengan satu atau
lebih produk yang dibuat oleh
perusahaan yang sama. Brand essence
mengkomunikasikan manfaat unik yang disediakan oleh produk sebuah merek.
Apa sih perbedaan antara brand positioning dengan brand
essece ?
Brand positioning memuat alasan mengapa konsumen mau membeli
produk (melihat dari sisi kosumen),
siapa target pasar yang mau disasar, hal apa yang menjadi pembeda dengan produk
lainnya dalam katagori yang sama, alasan konsumen yakin bahwa produk kita
adalah yang diinginkannya. Sedangkan brand
essence merupakan soul of brand (melihat dari sisi emosional brand), memuat
nilai-nilai yang ingin disampaikan oleh sebuah brand dengan tujuan untuk
memperkuat positioning yang dibangun.
Beberapa contoh brand yang memiliki brand positioning dan
brand essence
1. Kijang,
mobil keluaran Toyota ini selalu jadi mobil yang paling digemari oleh keluarga
yang mempunyai jumlah anggota keluarga yang banyak. Ketika kita menyebutkan
Kijang, pasti yang pertama kali terpikir oleh kita adalah mobil keluarga. Kijang
memang mempositioningkan dirinya sebagai mobil keluarga, terbukti dengan
kapasitas mobil yang mampu memuat 8-9 orang, bensin yang irit. Brand essence
yang dimiliki Kijang adalah kebersamaan, Kijang ingin menanamkan nilai
kebersamaan dalam brandnya, dimana kerika menggunakan mobil kijang yang bisa
muat orang banyak jadi bisa meningkatkan kebersamaan keluarga.
2. Air
asia, budget air ini menjadi pilihan utama bagi masyarakat golongan menengah ke
bawah ketika ingin berpergian menggunakan pesawat. Brand positioning AirAsia adalah sebagai low-cost carrier, dimana AirAsia menawarkan
tiket pesawat dengan harga yang murah dan sering melakukan promo-promo harga. Sedangkan
brand essence yang ditanamkan oleh AirAsia adalah simplicity, dimana konsumen
airasia tidak ribet dalam pemesanan tiket , proses check-in, dll.
3. Nike,
brand peralatan olahraga ini mempositioningkan dirinya sebagai brand olahraga
yang dipakai oleh para juara, terlihat dengan Nike selalu mensponsori atlet-atlet
yang terkenal, seperti Christiano Ronaldo, Rorry MclLRoy. Brand essence Nike
adalah performance.
4. Starbucks,
kedai kopi ini memilik brand positioning premium product in the coffee
industry. Brand essence starbucks adalah rewarding everyday moment.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar